Sukses Menjual: Efisiensi Lawan Efektivitas


Anda sudah mendengar bahwa "efisiensi" artinya melakukan segala hal dengan benar; "efektivitas" adalah melakukan segala hal yang benar.

Salah seorang yang paling efektif dan efisien yang saya kenal adalah Dave Liniger, pendiri Re/Max Realtors. Dia menciptakan suasana yang mendorong orang-orang di sekelilingnya memanfaatkan sebanyak-banyaknya waktu dan diri mereka.

Dave mendapatkan bahwa 47 persen dari seratus puncak produser Re/Max punya asisten pribadi yang menangani beberapa tanggung jawab "bukan menjual." "Pembantu" ini terlibat dalam kegiatan seperti memasang dan menurunkan tanda "Dijual" dan "Laku" di halaman, menservis mobil, membuat hubungan telepon rutin, mengambil pakaian dari binatu, memasukkan surat ke kantor pos, dan menangani 1001 perincian yang makan waktu.

Mendelegasikan tugas bukan menjual membebaskan salesman profesional supaya bisa melewatkan waktu lebih banyak untuk mencari prospek dan bicara kepada klien, yang jauh lebih mungkin menuju ke penjualan lebih banyak lebih sering. Meningkatkan penjualan berarti menunjang ekonomi dan pendapatan karyawan Re/Max. Yang cukup menarik, sementara para produser puncak ini bekerja lebih lama setiap minggu dibandingkan dengan karyawan penjualan lainnya, mereka jauh lebih mungkin bisa mengambil liburan--sesering sampai enam minggu per tahun.

Kesimpulannya jelas: Semakin baik Anda menggunakan waktu Anda, semakin besar pendapatan yang akan Anda hasilkan; dan semakin besar pendapatan yang Anda hasilkan, semakin banyak waktu luang yang akan Anda miliki untuk keluarga Anda dan untuk melakukan perjalanan yang benar-benar menyenangkan. Singkatnya, orang penjualan dengan penghasilan tinggi bekerja lebih cerdik, tidak harus lebih keras, dan mereka menggunakan orang lain secara lebih efisien dan lebih efektif sehingga setiap orang menang!

-----
dari Buku Pegangan Lengkap Bagi Profesional Penjualan SUKSES MENJUAL - Zig Ziglar