Zero To One: Manusia dan Mesin


Sementara industri-industri yang sudah matang mengalami stagnasi, teknologi informasi telah maju begitu pesat sehingga sekarang menjadi sinonim dengan "teknologi" itu sendiri. Sekarang, lebih dari 1,5 juta miliar orang menikmati akses instan ke pengetahuan dari seluruh dunia menggunakan peranti-peranti seukuran genggaman tangan. Semua smartphone zaman sekarang memiliki kemampuan pengolahan data ribuan kali lebih kuat daripada komputer yang dahulu memandu astronaut-astronaut ke bulan. Dan, jika hukum Moore terus bekerja dengan cepat, komputer-komputer masa mendatang akan memiliki kemampuan yang bahkan lebih dahsyat lagi.

Komputer sudah memiliki kemampuan yang cukup untuk mengalahkan manusia dalam kegiatan-kegiatan yang kita anggap sebagai kegiatan khas manusia. Pada 1997, Deep Blue buatan IBM mengalahkan juara catur dunia, Garry Kasparov. Kontestan terbaik yang pernah ada di Jeopardy!, Ken Jennings, menyerah kepada Watson buatan IBM pada 2011. Dan, saat itu mobil-mobil self-driving buatan Google sudah meluncur di jalan-jalan California. Dale Earnhardt Jr. tidak perlu merasa terancam oleh mobil-mobil itu, tetapi Guardian (atas nama jutaan supir di dunia) mengkhawatirkan bahwa mobil-mobil self-driving "dapat memicu gelombang pengangguran baru".

Semua orang mengharapkan komputer berbuat lebih banyak di masa mendatang--begitu banyak sehingga sebagian orang ingin tahu: 30 tahun dari sekarang, apakah ada yang masih harus dikerjakan oleh manusia? "Perangkat lunak tengah menggerogoti dunia," demikian kata pemodal ventura, Marc Andreessen. Pemodal ventura, Andy Kessler, terdengar sangat bersemangat sewaktu menerangkan bahwa cara terbaik untuk menciptakan produktivitas adalah "menyingkirkan manusia". Forbes memilih untuk bersikap lebih cemas ketika media itu bertanya kepada pembacanya: Apakah mesin akan menggantian Anda?

Kaum futuristik tampaknya bisa berharap bahwa jawaban pertanyaan itu adalah ya. Para penganut Luddisme begitu cemas soal kemungkinan digantikan sehingga menurut mereka lebih baik kita berhenti membangun teknologi baru sama sekali. Tidak satu pun dari kedua kubu itu meragukan dasar pemikiran bahwa komputer yang lebih baik akan harus menggantikan pekerja-pekerja manusia. Padahal, dasar pemikiran itu keliru: komputer adalah pelengkap bagi manusia, bukan pengganti. Bisnis yang paling bernilai dalam dasawarsa mendatang akan dibangun oleh para pengusaha yang berusaha memberdayakan orang, bukannya mencoba menjadikan mereka tak lagi berguna.

-----
dari buku ZERO TO ONE, MEMBANGUN STARTUP MEMBANGUN MASA DEPAN - Peter Thiel bersama Blake Masters