Membuka Memori Jangka Panjang



Memori manusia adalah sebuah mekanisme yang sangat kompleks dan melibatkan banyak area otak. Otak kita menyimpan memori di berbagai lokasi berbeda dan menciptakan hubungan di antara memori-memori tersebut, yang terkadang kita sebut sebagai asosiasi.

Sering kali, kaum introvert tidak dapat memikirkan satu pun hal yang relevan dalam otak kita karena belum memicu asosiasi dalam memori jangka panjangnya. Pikiran kita seperti kosong. Itulah sebabnya mengapa kita kaum introvert bahkan dapat melupakan apa yang kita nikmati dan apa yang merupakan keahlian kita. Kita perlu menemukan suatu tuas penghubung untuk menarik suatu pengalaman dari dalam memori kita. Inilah bagian yang mengasyikkan--sebagian besar informasi dalam memori jangka panjang disimpan dengan beberapa tuas atau kunci (asosiasi) berbeda untuk membukanya. Akan tetapi, jika kita dapat menemukan satu kunci saja, kita dapat memancing keseluruhan memori yang ada.

Seperti contoh, duduk relaks di sebuah taman, dan membiarkan pikiran kita menerawang dan berasosiasi dengan kunci-kunci indra, seperti wewangian, gambar, suara, rasa yang kita terima melalui tubuh kita, atau rasa dari sesuatu yang menyenangkan. Atau memikirkan suatu kunci emosional, seperti apa yang kita rasakan terakhir kali kita melakukan hal yang menyenangkan. Biarkan pikiran kita menerawang; berpindah dari satu asosiasi ke asosiasi lainnya.

Mungkin perasaan damai dari duduk di taman di hari yang cerah akan kembali kepada kita, dan dengan perasaan itu akan muncul sebuah pemikiran "aku menyukai taman ini", "aku menikmati berada di sini. Kita dapat pergi ke taman itu atau terus bersantai dan mencari memori lainnya. Tuliskan memori yang sudah ditemukan agar kita dapat menggunakannya di lain waktu ketika kita tidak dapat mengingat apa yang kita sukai. Gunakan juga kunci-kunci tersebut untuk membuka memori kita dan mencari tahu apa yang menjadi kelebihan kita.

----
Dari buku "The Introvert Advantage - Berkembang dan Berhasil di Dunia Ekstrovert", Marti Olsen Laney, Psy.D.