Pemikiran Seorang Introvert

pemikiran introvert, thinking introvert

Banyak yang mengatakan bahwa Introvert adalah pemikir yang ulung. Kembali lagi ke dalam kepribadian dari seorang introvert. Kepribadian dari seorang introvert yang paling banyak diketahui orang lain adalah pendiam dan bukan anti social. Diamnya seorang introvert adalah memperhatikan, introvert sangat pandai memperhatikan lingkungan sekitarnya dan sesuatu hal melalui pemikirannya sendiri ketimbang dari suatu tindakan.

Sifat pendiam inilah yang membuat sosok seorang introvert menjadi pemikir yang ulung. Kebanyakan dari seorang introvert hanya akan berbicara jika ada yang bertanya atau tidak memulai terlebih dahulu dalam sebuah percakapan. Hal ini yang membuat bahwa seorang introvert lebih banyak syaraf pemikirnya yang bekerja ketimbang gerakan atau ucapan.

Oleh karenanya seorang introvert biasanya akan lebih peka terhadap satu hal, dan dapat menjadi pendengar yang baik. Seorang introvert juga akan berpikir logis dan objektif, karena jika tidak maka seorang introvert akan kembali berkutat dengan pemikirannya. Dan biasanya seorang introvert akan menjadikan dirinya sebagai orang yang perfeksionis, karena ide-ide mereka bisa di dapatkan melalui pertimbangan yang benar-benar objektif ketika di utarakan kepada orang lain.

Karena sifat identik dari introvert yaitu sifat pendiamnya yang akan membuatnya menjadi sosok yang bisa tenang didalam performanya dan tak jarang ada kata-kata yang bijak keluar darinya. Dengan sifat tenang, objektif, perfeksionis, dan ide-ide yang didapatkan melalui proses yang panjang dapat membuat seorang introvert menjadi pemikir yang ulung. 

Akan tetapi terkadang “banyak berpikir” seperti ini dapat membuat seorang introvert terjebak dengan ilusinya sendiri. Berbeda dengan seorang ekstrovert yang dapat berpikir lebih simple dan tidak serumit atau seruwet introvert, seorang ekstrovert dapat berpikir secara spontan dalam suatu hal dan dapat bertindak cepat. Sebenarnya terlalu banyak merencanakan tanpa adanya tindakan tidak akan menjadi suatu hal yang bagus dan melakukan tindakan tanpa adanya perencanaan juga tidak bagus. Jadi jika diibaratkan sosok introvert adalah seorang konseptor maka memerlukan sosok lain untuk menjadi eksekutornya.