Introvert Sukses?


Manusia yang memiliki kepribadian introvert memang dinilai secara sekilas sebagai seseorang yang sangat sulit berinteraksi, bergaul, apalagi bersosial dengan banyak orang yang memiliki kepribadian berbeda. Sementara, yang kita lihat selama ini menggambarkan bahwa mereka yang sukses adalah mereka yang mampu bersosial dengan baik. Lalu, bagaimana bisa sukses bila—jangankan bersosial—berinteraksi saja canggung?

Banyak orang menilai si introver akan sangat sulit untuk mencapai kehidupan yang diinginkannya, dalam kata lain “sukses”, sebab semakin banyak manusia bersosial, maka akan semakin banyak pelajaran yang diambil. Mereka yang bersosial tentu memiliki channel menuju kesuksesan dengan mengenal kenalannya yang sudah sukses, mereka bisa mudah dibantu. Namun introver, bisakah?

Kerja keraslah yang bisa mematahkan semua penilaian yang tidak tepat. Jangankan introver, mereka yang mudah bersosial, bahkan si ekstrover pun butuh kerja keras untuk mencapai kesuksesan mereka. Semua orang harus bekerja dan berusaha untuk menggapai hidup sejahtera, hanya cara kerja dan cara berusahanya saja yang berbeda.

Banyak contoh yang bisa dilihat dan dijadikan inspirasi bagi introver untuk mendobrak daya semangatnya menuju kesuksesan, beberapa orang-orang tersebut adalah:

Albert Einstein
Siapa sih yang enggak kenal Albert Einstein? Seorang ilmuan yang terkenal dengan teori relativitasnya ini memiliki kepribadian introvert. Einstein menerima penghargaan Nobel Fisika pada tahun 1921 atas penemuan fisika teoretisnya mengenai hukum efek fotolistrik, penemuan tersebut sangat penting untuk pengembangan teori kuantum. Einstein memiliki hobi membaca dan belajar. Selain itu, yang terpenting dari semuanya adalah kepercayaan dirinya terhadap karya yang ia buat. Salah satu quote yang terkenal darinya yaitu: “Jika kau menginginkan hidup bahagia, gantungkanlah itu pada cita-cita, bukan pada orang atau hal-hal lain.”

Bill Gates
Semua orang pasti tahu Microsoft, itu loh yang komputer-komputeran. Nah! Bill Gates inilah salah satu yang terkenal memperkenalkannya pada dunia, hingga kini produk perusahannya tersebut digunakan oleh seluruh manusia dengan kebutuhannya masing-masing, tentunya yang ada hubungannya dengan komputer. Dengan usaha dan kecerdasannya yang luar biasa, Bill Gates kini menjadi orang terkaya ke dua di dunia. Quote yang terkenal darinya adalah: “Hidup itu tidak adil, biasakan dirimu!” Nah, pesan itu sepertinya cocok untuk para introver, karena banyak sekali introver yang mengeluh dan rendah diri karena kehidupan yang tidak adil. Bagi kita, yang penting adalah terbiasa dengan keadaan ini, dan selalu percaya diri.

JK Rowling
Pernah dengar Harry Potter? Pasti lah. Penulis yang telah membuat cerita menakjubkan tersebut adalah seorang introver, Namanya JK Rowling. Berkali-kali tulisannya di tolak oleh penerbit, namun Tuhan selalu bersama orang-orang yang berjuang. Akhirnya tiga judul novel Harry Potter meraup keuntungan 480 juta dolar AS dalam waktu tiga tahun dan dicetak dalam 35 bahasa. Harry Potter yang berasal dari imajinasinya yang luar biasa semakin dikenal orang setelah difilmkan oleh seorang sutradara bernama Chris Colombus. Film tersebut akhirnya memecahkan rekor dengan keuntungan 93,5 juta dolar AS. JK Rowling pernah menyampaikan sebuah kalimat penyemangat yang sangat pas untuk para introver, yaitu, “Segalanya akan mungkin jika anda punya keberanian.”


Itulah mereka, para introver yang bisa mengubah dunia. Mereka mungkin tidak memiliki pribadi awal yang sama seperti orang-orang lainnya, yang punya keberanian lebih untuk maju, namun mereka membuktikan bahwa introver pun mampu menjadi orang-orang yang bernilai. Maka untuk kita, jangan berhenti hanya karena berbeda. Justru karena kita berbeda, kita bisa mengubah dunia.

Walaupun masih terasa tidak sesuai harapan, tapi percaya proses.