INGATLAH KEMATIAN


Memento Mori adalah istilah latin yang berarti "Ingatlah bahwa engkau akan mati." Pemikiran itu tak pernah jauh dari benak Steve Jobs. Sejak muda, dia bersifat filosofis, dan terpukau dengan hakikat waktu yang terus bergerak.

Di sambutan wisudanya, Steve Jobs mengejutkan semua orang karena mengakhirinya dengan merenungkan kematiannya sendiri, bukan membagi optimisme tradisional. Bagaimanapun, dengan berbicara mengenai kehidupannya, dan juga kehidupan para lulusan Stanford, dia menjelaskan maksudnya: Akhir hidup akan terjadi lebih lama daripada yang kita bayangkan, jadi lanjutkanlah hidup.


Ketika dia masih muda, sebagaimana kata Jobs kepada para lulusan Stanford, gagasan kematian adalah "konsep yang berguna tapi murni intelektual." Namun, selagi dia menua, konsepnya berubah menjadi fakta kehidupan yang tak bisa ditolak: Kematian adalah tujuan kita semua, dan seperti dia tunjukkan kepada para lulusan, guna kematian adalah membersihkan yang lama untuk memberi tempat kepada yang baru.

David Sheff dari Playboy bertanya kepada Jobs, "Bagaimana perasaan Anda mengenai perusahaan-perusahaan lama yang harus mengejar perusahaan baru--atau berisiko mati?" Jawab Jobs, "Tidak bisa tidak, itu pasti terjadi. Itulah mengapa saya pikir kematian adalah penemuan terhebat dalam hidup. Kematian menghilangkan model-model lama yang usang dari sistem." Jobs mengingatkan kita bahwa kita hanya memiliki waktu yang sempit untuk mencapai apa yang kita ingin capai. Jendela kesempatan terbuka lalu tertutup; itulah hakikat kehidupan. Namun, di Apple, dia menjalani hidup seutuh-utuhnya, sampai-sampai serasa manjalani bukan satu tapi beberapa kehidupan sekaligus, bahkan sebelum dia melanjutkan dengan membuat perusahaan komputer lain, NeXT: "Tiap tahun sangat penuh masalah dan keberhasilan dan pengalaman belajar dan pengalaman manusia, sehingga satu tahun serasa seumur hidup di Apple. Jadi sekarang rasanya seperti sepuluh kali hidup," katanya kepada pewawancara Playboy.


-----
Tulisan di atas diambil dari buku "Belajar dari-- Life by Design --Pidato Steve Jobs Paling Terkenal Sepanjang Masa" karya Goerge Beahm