6 Cara Menyayangi si Introvert


Diantara banyaknya orang extrovert pasti akan ada tersisip orang introvert. Diantaranya mungkin belum mengetahui mengenai kepribadian introvert atau mungkin ada juga yang belum mengetahui dirinya seorang extrovert.

Perbedaan yang paling mencolok dalam pergaulan antara extrovert dan introvert bisa dilihat dari bagaimana keduanya bersosialisasi, berkomunikasi antara individu dan dari jumlah lingkaran sosialisasinya. Extrovert jelas mereka yang paling baik dalam bersosialisasi. Untuk Introvert, pesona mereka akan tertutup oleh aura extrovert dalam hal ini.

Terkadang untuk mereka yang tidak menghargai perbedaan ini bisa akan terjadi sedikit masalah yang akan diterima oleh orang introvert (walau mungkin para introvert akan memendam ini).

Terkadang juga akan bisa menyulitkan bagi sebagian dari extrovert untuk peduli kepada orang introvert untuk yang belum mengetahuinya dan bagaimana harus menyikapinya. Bahkan yang introvert juga akan sedikit kebingungan menyikapinya, tapi, mungkin ini hampir kemungkinan kecil terjadi. Karena itu berikut ini ada 6 catatan bagaimana cara menyayangi introvert.

1. Hargai kebutuhan privasi introvert
Ini pada dasarnya adalah kebutuhan untuk siapapun tidak hanya untuk Introvert. Tapi hal ini menjadi penting karena introvert harus mengisi daya dengan waktunya menyendiri otomatis dengan privasinya. Dan jika Introvert sedang dalam mode ini hargailah kebutuhan mereka ini. Sejatinya Introvert juga sudah mengetahui hal ini dan akan berusaha untuk tidak berada di tempat terbuka dan berusaha sebisa mungkin menghilang sebentar dari peredaran.

2. Jangan pernah mempermalukan introvert di publik
Introvert tidak menyukai jadi pusat perhatian. Meskipun hanya candaan dari teman-temannya kepada si introvert di ruang publik, para introvert tidak akan menyukai ini. Para introvert akan berusaha se-"low profile" mungkin dalam keramaian.

3. Biarkan introvert mengamati dulu di situasi-situasi yang baru
Introvert mempunyai kecenderungan untuk berpikir dan mengenali suatu hal terlebih dahulu sebelum melakukan sesuatu. Untuk menyikapinya menjadi sangat penting untuk memberikannya ruang dan waktu untuk melakukannya. Ini akan membuat introvert menjadi nyaman dan menghargai perlakuan dan pemikiran yang diberikan.

4. Berikan waktu introvert untuk berpikir dan jangan menuntut jawaban cepat
Bahkan introvert pun akan menjawab pertanyaan dengan sedikit lebih banyak waktu karena ada beberapa hal yang dipikirkan terkait jawabannya. Terutama introvert mempunyai kekhawatiran, seperti kekhawatiran sosial. Akan menjadi penting untuk memberikan sedikit waktu untuk introvert berpikir dan jangan menuntuk jawaban dengan cepat.

5. Jangan mengganggu
Saat introvert merenung dan bercermin, mereka juga mengembangkan banyak ide dan pemikiran. Tentu sosok seperti introvert pada umumnya yang sudah banyak dibayangkan adalah sebagai sosok yang tidak banyak bicara. Jika ada kesempatan untuk berbicara menyampaikan suatu hal jangan mengganggunya karena bisa saja mereka tidak akan mengulanginya dengan baik apa yang sedang mereka sampaikan.

6. Berikan informasi lebih awal dari perubahan yang tidak terduga
Introvert dikenal memiliki kemampuan perencanaan yang baik. Introvert menyukai segala sesuatunya berjalan secara teratur. Introvert bukan tipikal yang bisa menghadapi perubahan jadwal tiba-tiba seperti rekan mereka yang extrovert. Namun jika itu terjadi akan membuat introvert sedikit kewalahan dan panik. Jika sesuatu hal akan terjadi, berikan mereka peringatan dini supaya bisa mempersiapkan dan merencanakan sesuai dengan perubahan yang ada.

Dalam kehidupan umumnya, perbedaan tidak mungkin bisa dihindari. Oleh karenanya yang bisa dikedepankan adalah sikap saling menghargai.

"You can't control them, you can only control yourself"